Sisi Lain Dari Traveling

tommy

Dilansir dari tirto.co.id mengenai “Merebaknya Backpacker Minim Modal” artikel ini membahas tentang pelancong mancanegara sebut saja bule yang datang berwisata dengan kisah mengemis, mengamen, berjualan kartu pos demi mengumpulkan uang untuk kembali kenegaranya ataupun untuk melanjuti perjalanannnya.

Dalam sektor pariwisata bule backpacker macem itu memang tidak meningkatkan devisa negara justru ini merupakan salah satu resiko kita Indonesia sebagai tuan rumah negara berkembang yang memiliki alam yang luar biasa indah untuk menanggung beban harus ngebuangin sampahnya mereka traveling dan berempati terhadap tipe bule backpacker yang seperti itu. secara sosial budaya penduduk Indonesia juga toleransi dan tidak menghiraukan.

Bukan maksud hayati mendiskrimninasikan bule backpacker bermodal minim tapi hal ini dipandang dapat menjadi prihal serius kalo aja mengemis untuk membiayai kegiatan pariwisata menjadi tren secara umum dan kemenpar tidak tanggap menanggapi isu demikian (standar pariwisata negara berkembang).

Selain itu gak cuma bule-bule backpacker yang minim modal wisatawan domestik juga banyak yang minim modal. Ikut komunitas traveling dengan alasan supaya bisa share cost lebih murah ataupun memangkas biaya transportasi kesetiap tempat wisata dengan metode hitchhike.

Apapun metodenya.. itu sah saja! Asalkan setiap pelaku atau penggiatnya tersebut menjaga etika dan sedikit aware terhadap lingkungan sosial dan budaya yang disinggahinya. Apapun yang kita lakukan sebagai traveler disuatu tempat (umum) maka itu dikonsumsi public sehingga tinggalkanlah kesan yang baik sebagai pesan kelestarian yang perlu dijaga bersama untuk mereka dan anak2 mereka tinggali.

*Selanjutnya apa iya minta pertolongan dari orang lain demi sebuah kesenangan traveling atau wisata justru bagian dari kepuasan?

Advertisements

Tips Hitchhike

DSC00413Hitchhike ini adalah istilah kerennya dari menumpang menggunakan kendaraan (apapun) untuk berpindah tempat / menuju suatu tujuan yang relatif jauh. Gue yakin semua orang pasti bisa melakukannya bahkan beberapa orang tanpa sadar pernah melakukannya.

Pada prakteknya gue bukan super duper traveler sejati ataupun alexander supertramp dalam film into the wild jadi secara nyali masih belum berani keluyuran kesana kemari seorang diri namun kegiatan hitchhike memiliki tantangan tersendiri untuk dicoba.

Berdasarkan pengalaman singkat hitchhike dari Jakarta menuju Bandung (lembang) didampingi oleh kak ejie yang ternyata adalah hitchhiker berpengalaman.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika melalukan kegiatan hitchhike berikut tipsnya.

  • Etika; Perkenalkan diri secara sopan kepada pengendara, bercerita atau membangun percakapan dengan bahasa yang sopan sehingga membuat nyaman pengendara dan menjadi teman ngobrol sepanjang perjalanan.
  • Gunakan tulisan; Sebagai tanda untuk pengendara yang melintas dijalan agar dapat melihat dan mengetahui bahwa seseorang butuh tumpangan.
  • Gunakan pakaian yang cerah; dan juga berdiri ditempat yang terang apabila hitchhike dilakukan malam hari agar dapat menarik perhatian pengendara yang melintas.
  • Mengenal karakteristik pengendara; karena alasan ada beberapa pengendara yang fokus mengemudi maka Hitchhikers perlu mengetahui karakter pengendara. Apabila tipe yang fokus mengemudi maka janganlah mengganggu dengan banyak bertanya atau bercerita yang membuat pengendara tidak fokus.
  • Mawas diri; hitchhiker dan pemberi tumpangan memiliki resiko baik itu tindak kriminal ataupun pelecehan seksual. Jadi sangat disarankan untuk mawas diri dan menjaga barang bawaan selama menumpang. Adapula itu tindakan yang dapat dilakukan yaitu; catat plat kendaraan, dokumentasikan foto wajah pengemudi (selfie bareng), bertukar sosmed apabila memungkinkan.

Dengan memperhatikan beberapa point diatas perjalanan akan menjadi lebih aman serta menyenangkan dan akan memiliki kesan tersendiri. Penasaran mau mencoba hitchhike sendirian atau bareng teman-teman? Selamat mencoba 🙂

OM SADAR OM

go-green3

– Sudah pada tahukan bahwa butuh waktu ratusan hingga ribuan tahun untuk mengurai sampah plastik?

– Sudah pada tahukan berapa barel minyak (energi) dunia yang digunakan untuk memproduksi botol plastik yang setiap hari lo beli diabang abang minuman?

– Sudah pada tahukan berapa juta ton sampah plastik setiap hari di Indonesia yang berpotensi mencemari lingkungan dan berbahaya bagi kesehatan manusia juga hewan?

– Sudah pada tahukan sampah plastik yang dibuang sana sini sembarangan bikin rumah temen2 dan keluarga lo kebanjiran bahkan meninggal kalo ketelen?

– Sudah pada pinterkan tentang global warming?

Gue yakin lo semua udah pada pinter googling untuk menjawab pertanyaan diatas..

Yang disayangkan yaitu kita telah sadar dan sudah terlalu boros memanfaatkan sumber energy dari alam terlebih juga mencemarinya. Nyatanya sumber daya alam yang masih berlimpah membuat kita manusia semakin sombong dan LEBIH PEDULI pada urusan politik tiap negara, gosip rumah tangga atau pacar orang, gaya artis luar negeri, gaya hidup di instagram yang keren, dan omong kosong lainnya.

Kongkritnya seluruh dunia telah melakukan pemborosan lengkap dengan pencemaran lingkungan, dan Indonesia negara yang memiliki segudang keindahan serta kekayaan alam yang luar biasa turut menjadi bagian populasi yang merusak alamnya sendiri dan brengkseknya asik sendiri pada omong kosong mendunia om telolet om.

Faktanya adalah memperbaiki kebiasaan atau kesalahan pada masalalu sangatlah mustahil. Kebiasaan buang sampah sembarangan dan penggunaan sumber energi yang tidak bijak sudah seharusnya jadi perhatian generasi baru pemalas saat ini. (karena technology telah banyak membantu manusia dan menciptakan pemalas untuk berfikir dengan otak dangkalnya)

Gue, kita, kami, bersama.. sangat realistis bahwa generasi baru yang dikatakan diatas sadar dan mampu memutus kebiasaan atau kesalahan pada masalalu terhadap pemborosan energi dan masalah lingkungan, terutama pada generasi baru Indonesia dimana ada tanggung jawab bersama menjaga keindahan serta kekayaan alam Indonesia yang gue banggakan serta gambarkan sebagai atlantis.

Mudahnya ini adalah sebuah ajakan untuk memulai perubahan dengan tindakan kecil nan sederhana yaitu ajakan untuk mulai selalu membawa minum (air putih) dengan botol minum pribadi setiap hari! Harapannya adalah mengurangi sifat konsumtif beli air mineral dalam botol menjadi refill air mineral serta menekan sifat konsumtif / pemborosan dalam menggunakan botol plastik. Mudahkan?

Mulai sekarang biarin aja deh apa yang dilakukan ibu ibu dan bapak bapak kolot sebagai generasi lama dengan kebiasaan negative yang merugikan lingkungan. Suruh aja mereka untuk hidup sehat agar memiliki umur panjang menyaksikan perubahan positif yang dilakukan generasi baru ini untuk negerinya sendiri Indonesia.

#KitaMulaiDariYangKecil
http://bit.ly/2ha6DMP

REVIEW SEPATU EIGER WANDERLUST W140

Screenshot (45)

Banyaknya merk sepatu outdoor yg beredar di Indonesia pastinya bikin bingung ketika berkeinginan memilih sepatu gunung yang tepat dan nyaman untuk digunakan berpetualang dialam bebas. Eiger merupakan brand lokal yang memiliki nama besar di Indonesia dan telah banyak memenuhi kebutuhan para penggiat outdoor.

Berbagai peralatan outdoor dr brand lokal eiger sepertu carrier, daypack, sepatu, tshirt, topi, celana, dan asesoris lainnya telah tersebar dan dikenal secara nasional bahkan internasional. Dengan pencapaian nama baik yang dibangun hingga saat ini secara konsisten dapat asumsikan bahwa brand eiger sangat serius dalam memenuhi kebutuhan para penggiat outdoor di Indonesia yang beriklim tropis.

Pada kali ini gw mau coba memberikan review dari pengalaman mengenakan sepatu outdoor keluaran eiger. Sepatu ini merupakan seri wanderlust W140 keluaran tahun berapa gw kurang tahu.. mungkin 2013 kebawah karena dr logonyapun masih menggunakan logo lama.

Langsung aja.. Bahan dari sepatu ini terbuat dari kulit lembu (nubuck) dan sistem redam pada yang di design untuk kenyamanan dalam pendakian. Pada awal memilih sepatu ini gw telah mencoba sepatu merrel witheout7 dan nanti akan gw jelaskan perbedaannya keduanya.

Pada tahun 2015 bulan februari awal gw memutuskan untuk memilih sepatu eiger wanderlust ini untuk menemani perjalanan double summit gunung tambora dan rinjani.

– gunung tambora
– gunung rinjani
– gunung gede 3x
– gunung rakutak
– gunung semeru
– gunung bromo
– gunung salak (puncak mani)
– gunung kerinci
– danau gunung tujuh
– gunung guntur

Dengan latar belakang hobi hiking dan kebiasaan berjalan seradak seruduk karena malas mencari pijakan yang enak dihutan maka gw sangat ingin memiliki sepatu yang tangguh dan awet melindungi kaki. pada tahun 2015 bulan februari gw memutuskan untuk memilih sepatu Eiger wanderlust w140 untuk menemani perjalanan double summit gunung tambora dan rinjani.

Sepatu Eiger Wanderlust w140 dibandrol Rp. 1.350.000, sepatu ini gw beli karena terlihat cukup kuat dan tangguh. Bagian luar sepatu berbahan kulit sapi (nubuck) tebal, ada sedikit asesoris kulit berwarna orange pada bagian belakang, dan terdapat bantalan empuk pada bagian atas mata kaki berwarna coklat tua menjadikan sepatu ini seperti tampilan hiking boots classic.
Ada pula teknologi yang dibenamkan dalam sepatu eiger wanderlust w140 yaitu thermoplastic, sympatex, EVA foodbed, viesa terry Cover, dan tecnology gravity TRX pada bagian outlsole.

Ringkasnya sepatu dari brand Eiger yang dibuat di china ini tampak cukup serius dalam memenuhi kebutuhan pendaki di Indonesia terlihat pada berbagai macam teknologi yang ditanamkan pada sepatu Wanderlust w140.

Sepatu ini memiliki waterproof yang sangat baik, dari tampilan sepatupun sedikit sekali jahitan pada bagian luar sehingga memperkecil kemungkinan air masuk kedalam sepatu melalui celah jahitan. Setelah pemakaian 1 tahun lebih hingga sekarang thread ini dibuat sepatu tersebut masih anti air. Dari segi kenyamanan sepatu eiger wanderlust w140 yang dibalut oleh kulit sapi tebal ini (lebih tebal dari kulit sepatu eiger yang lainnya) memberikan kesan aman serta nyaman dan melindungi kaki dari batu2 yang jatuh atau tajam mengenai kaki ketika melakukan kegiatan diluar ruang. Selain itu sepatu ini sangat nyaman digunakan dalam waktu yang lama.

Kaki gw berukuran 39/40, biasa mengenakan sepatu merrel witheout7 untuk hiking pilih ukuran 41. Tapi pada sepatu Eiger Wanderlust w140 ini gw menggunakan size 39 karena ukuran sepatu ini ternyata upsize sehingga pada ukuran 39 tersebut masih menyisakan ruang gerak yang nyaman sehingga jari kaki tidak sesak atau bikin sakit.

Bobot badan gw 55kg dan perkiraan besar muatan gw yang biasa dibawa pake carrier 12 – 23 kg berdasarkan bobot badan gw yang mungil dan beban bawaan yang cukup berat sepatu eiger wanderlust w140 menurut gw sudah cukup tangguh disegala medan terlebih pada medan lumpur dan berbatu.. baik itu pada turunan terjal ataupun tanjakan.

Berdasarkan pembanding gw coba membandingkan dengan sepatu merk luar merrell whiteout7.. Sepatu ini memiliki sistem waterproof yang baik namun apabila digunakan pada turunan ketika turun gunung disertai aktifitas melompat telapak kaki terasa sakit dan beberapa grip outsole yg keras, tampak kokoh dengan karakter rengang2 bisa menjadi patah akibat kerasnya kontur tanah bercampur kerikil karena mungkin tidak cocok dengan iklim pegunungan Indonesia.

Lain halnya dengan sepatu Eiger Wanderlust w140 memiliki sistem waterproof yang lebih baik karena dalam pemakaian yg telah disebutkan diatas waterproofnya masih normal. Grip outsole yang tebal dan tidak terlalu keras membuat telapak kaki tidak menjadi sakit apabila dikenakan ketikan turun dan melompat. karakter kembang sol yang rapat membuat cukup tangguh untuk menahan berat beban badan dan isi carrier namun dengan seiringnya pemakaian kembangnya solnya tergerus perlahan dan bagian kembang sol yang warna kuningnya mudah mengelupas.

Dengan harga Rp. 1.350.000 pada waktu itu awalnya gw pikir harganya kemahalan, kini terjawab bahwa kualitas serta tangguhnya yang tawarkan sepatu eiger wanderlust ini sangat sesuai dan gw mulai berasumsi bahwa sepatu eiger wanderlust w140 ini cocok digunakan untuk karakteristik gunung2 di Indonesia.

cek photo -> http://bit.ly/2fXMQW8

Sedikit Aja Tentang Halimun Salak

Gunung Salak bukan gunung tertinggi di Indonesia tp sangat dikenal oleh masyarakat umum dengan cerita mistis yang menyesatkan para pendaki serta tragedi sukhoy yang baru terjadi beberapa tahun kebelakang. Gunung Salak telah menjadi perbincangan banyak orang terlebih para ilmuwan atas terjadinya tragedi sukhoy pada waktu itu.

Gue sendiri mengenal Gunung Salak sudah lama terlebih gue tinggal di Jakarta yang secara geografis dekat dengan Gunung Salak yang berlokasi di Bogor. Selain itu juga gue banyak mengenal Gunung Salak melalui google dengan penggalan cerita pendaki hilang ketika menuju puncak. Memang mengerikan apabila mengupas cerita misteri Gunung Salak terlebih bila berencana mendaki Gunung Salak.

Disini gue gak akan cerita misteri melainkan berbagi pengalaman tentang bagaimana aduhainya mendaki Gunung Salak melalui Jalur Cimelati. Mungkin sebagian orang belum mengetahui jalur ini tp klo mau tahu bisa di googling kok.. pasti ada. Hehe..

Dengan latar belakang olahraga fisik gue mencoba untuk menjelajah Gunung Salak melalui jalur Cimelati bersama teman2. Pada saat itu bertepatan juga dengan agenda pemuda setempat wilayah tersebut dalam kegiatan OPSI (Oprasi Bersih) Gunung Salak via Cimelati yang biasa dilakukan rutin 3 bulan sekali dan mengajak pendaki lain turut serta dalam kegiatan positif tersebut. Mereka selaku menyelenggarakan dikenal sebagai PDC (Putra/i Daerah Cicurug).

Singkat cerita pendakian dalam rangka peduli lingkungan dimulai dan sebelumnya tak lupa untuk briefing serta berdoa.

Ini adalah pendakian singkat seperti pada umumnya yaitu berangkat sabtu pagi kemudian pulang hari minggu. tapi sesingkatnya waktu berlalu pendakian di Gunung salak gak bisa di anggap enteng karena apa? karena ternyata betul apa yang dikatakan banyak orang bahwa gunung2 di jawa barat biar kecil cabe rawit. salah satunya gunung salak. mau tau rasa pedesnya? coba aja.. gak maen maen pedesnya!

Sedikit pesan buat yang berkeinginan mendaki gunung salak untuk pertama kali agar menjauhi rasa sombong ketika mendaki, karena unsur magis dibalik sebutan gunung halimun yang memiliki arti kabut bisa menjadi begitu menakutkan dan menciptakan malapetaka.

Indahnya Semeru Sejauh Mata Memandang

IMAG1948

Untuk yang pertama kali gue menginjakan kaki di kota Malang. Dengan berbekal niat serta perlengkapan yang cukup.. kaki ini melangkah dan tertuju pada 2 destinasi yaitu Mahameru dan Bromo.

Ok kita mulai ceritanya..

Gunung semeru dan bromo adalah gunung yang terkenal di Indonesia terutama di pulau jawa karena sudah ada film yang mengupas sebagaian tentang keindahan gunung semeru pada film 5cm (2012). Lepas dari efek cinta dan persahabatan dr film tersebut yang membuat ribuan (bahkan lebih) orang untuk datang melihat pesonanya. Melihat bahwa keindahan Indonesia itu nyata dan Semeru/Bromo merupakan sepotong bagian dari Indonesia. Menurut gue gunung semeru dan bromo merupakan kategori tempat wisata international karena kedua tempat tersebut banyak ditemukan turis asing sehinga kita yang orang bertanah air Indonesia dan belum pernah ke Semeru dan Bromo dapat dikatakan sebagai orang orang yang merugi. Hehe..

Selanjutnya gue disini gak akan menjelaskan letak geografis, jalur pendakian, cerita mistis, atau sharing biaya perjalanan karena semua itu sudah banyak informasinya pada blog dan tulisan lain yg beredar di internet, selain itu untuk menuju kesana juga sudah banyak pula travel agen atau pendakian masal yang membantu mempermudah perjalanan kesana. Atau mau cara yang lain? Shut the fuck up! Booked the ticket with Travel Mate or Stranger, and than GO!

DCIM101GOPROGOPR3184.

Semeru untuk para pendaki.

Gunung semeru adalah gunung yang luar biasa memiliki keindahan panorama dan karakter yang berbeda dengan gunung2 di Indonesia pada umumnya, setiap jalur pendakian yang ditapaki memiliki pesona kemegahan tersendiri. Setelah menjajaki sendiri wilayah TNBTS (Taman Nasional Bromo Tengger Semeru) gue dapat menyimpulkan sendiri bahwa wilayah ini begitu besar sehingga menarik perhatian para pendaki untuk mengeksplorasi wilayah tersebut lebih jauh. Karena wilayahnya yg begitu luas dan indah maka menurut gue sangat memungkinkan apabila jika kita tidak terlalu waspada mencermati jalur akan tersesat pada jalur yg salah atau dilarang terutama dimalam hari dan belum pernah kesana.

Di gunung Semeru ini gue menemukan banyak fauna seperti tikus gunung yg bentuknya mungil kaya marmut, monyet yang mukanya hitam seperti si amang, ayam hutan, tupai, ragam burung, sampai hewan buas macan… ketemu papasan dengan macan sih enggak tp ada temen yang mendengar suaranya mengaum dan menemukan kotorannya. WAAAUUUUUU!!! Ngerih yah..

Tapi justru disitu serunya dengan alam yang begitu natural disana kita harus dapat membaca situasi alam.. yaa setidaknya dapat lebih beretika ketika mendaki gunung semeru dan gak mengganggu habitat fauna disana. Setuju!? Awas lho kalo naik semeru asal asalan! Sampahnya jgn lupa dibawa turun ya!!

20151006_164240

Menikmati pemandangan dalam pendakian gunung semeru dari pos 1 hingga pos kalimati begitu luar biasa indah.. eits tp cukup sampai kalimati saja ya.. karena untuk track selanjutnya menggapai puncak mahameru ini akan menjadi berkali kali lipat sangat berat. Pasti sudah pada tahukan track kerikil gembur menuju mahameru sangat menguras tenaga.. Huft ini melelahkan…Coba aja lo bayangin.. naik kepuncak mahameru membutuhkan waktu 8 jam dan waktu turun kurang lebih 2 jam. Nah coba deh lo bayangin sendiri kenapa selisih waktu saat naik bs begitu jauh dengan waktu turunnya. Jadi untuk eneng eneng gemes atau mbak2 lucu yang mau mendaki puncak mahameru tanpa persiapan fisik yang cukup sebaiknya diurungkan saja niatnya dan lebih baik menunggu dibawah kecuali didampingi oleh teman laki2 yang sudah pernah mencapai mahameru karena pada bagian ini pendakian menjadi lebih beresiko bagi diri sendiri dan pendaki lain bila asal2 melangkah. Singkat kata semua rasa lelah terbayar tunai atas panorama indah yg disajikan gunung Semeru tentunya bersama udara dingin di danau ranukumbolo.

20151006_080329

IMAG2170

IMAG2094

 

 

Jejak pasir Bromo

Awalannya gue mengira untuk menuju gunung bromo bisa dilakukan dengan jalan kaki dari basecamp semeru dan ternyata TIDAK BISA! Ok ga apa apa. Kita bisa naik jeep kok.. hehe

Tempat yang wajib disinggahi bila ke gunung bromo ada 5 yaitu pananjakan (tempat melihat matahari terbit), kawah bromo (naik anak tangga), Pasir berbisik (padang pasir), padang savana, dan bukit teletabies.. Jadi apabila ke bromo diantar naik jeep jgn sampai ketinggalan tempat2 yang sudah disebutkan barusan ya.. karena menurut informasi kadang ada beberapa supir jeep yg enggan mengantar ke bukit teletabies. Gunung Bromo ini megah dan dingin sekali pada saat subuh. Hamparan pasir yang begitu luas dan dinding tebing yang megah seolah olah membawa imajinasi ke film jurasic park dimana mungkin dulu ini adalah tempat tinggal atau bermainnya dinosaurus.

Lepas dari imajinasi yang ngawur, ketika ke Bromo gue sangat menganjurkan untuk menikmati bakso malangnya, karena kuah anget dan udara dinginnya gunung bromo itu ngangenin berat broh. (awas bisa jadi gas beracun didalem perut) hehe.

Sedikit tips apabila ke Bromo untuk tidak lupa dan malu membawa jaket setebal mungkin ketika menunggu matahari terbit dan juga siapkan masker + kacamata karena pasir Bromo yg luar biasa dengan kuda disana sangat erat kaitannya sehingga tidak bisa dipisahkan.. jejak yang ditinggalkan tidak hanya langkah tp juga aroma dari kotoran sikuda.

Singkat kata terima kasih telah mampir dan membaca pengalaman mendaki gunung bersama teman2. Tak lupa mengucap terima kasih kepada teman2 (Yoke, Pudle, Firdaus, Dika, Dio, ambon backpackers) yang selalu menemani tiap langkah disana. 🙂

IMG_8651

 

IMG_8701

IMG_8583

mangodoy seme

Menggapai Tambora 200 tahun

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
KAWAH TAMBORA

Sedikit cerita dan berbagi informasi mengenai Tambora menyapa dunia. Pada tanggal 11 April 2015 tepat 2 abad peringatan letusan besar gunung tambora. Kemegahan yang terkubur lama didalam lebatnya hutan sumbawa kini membuka jalur dan memanggil pendaki untuk melangkah menyaksikan sejarah dunia.

Tanggal 8 April 2015 berangkat dari ibu kota tercinta Jakarta menggunakan pesawat tanpa transit menuju Lombok dapat dicapai dengan waktu 1 jam 45 menit. Kemudian melanjutkan perjalanan menggunakan bis damri menuju mandaladika/bertais dengan jarak tempuh kurang dari 1 jam. Suasana Lombok begitu tenang pada saat itu dan setelah turun dari bis damri, perjalanan langsung dilanjut dengan naik bis kearah bima atau dompu dengan jarak tempuh 12 jam. Setelah sampai di dompu penjalanan dilanjutkan kembali menuju desa pancasila dengan jarak tempuh 6 jam dengan carter mobil warga setempat. Perjalanan menuju desa pancasila kita akan menjumpai ribuan sapi, kerbau, dan kuda yang sengaja dilepas disekitar jalan dorocanga. Pemandangan yang tidak bisa dilewatkan!

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
DOROCANGA

Di desa Pancasila pada tanggal 9 April 2015. Menuju pintu rimba, pada saat itu sangat ramai pendaki dan juga ojek yang sudah siap menawarkan mengantarkan pendaki hingga pintu rimba. Pintu rimba dapat diakses dengan berjalan kaki atau juga naik ojek. Bila naik ojek hanya membutuhkan waktu 30 menit dengan medan jalanan yang rusak dan tanah gembur sedangkan dengan berjalan kaki bisa ditempuh dengan waktu 2 jam. Dalam perjalanan menuju pintu rimba akan ditemui hutan lebat dengan pohon-pohon besar yang tua dan menjulang tinggi.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
SELFIE DI PINTU RIMBA. PINTU RIMBA ADA DI SEBELAH KANAN (ditongkrongin tukang ojek) –>

Yup selamat datang di tambora! Petualangan segera dimulai setelah tiba di pintu rimba maka perjalanan panjang menuju pos 1 akan dimulai. Gunung Tambora merupakan gunung dengan ketinggian 2851 mdpl namun memiliki jarak tempuh yang lumayan panjang menuju pos 1 yang cenderung landai dan banyak halang rintang seperti lumpur serta pohon tumbang menghalangi jalur.

SAMSUNG CAMERA PICTURES
KERAPATAN HUTAN MENUJU POS 2

Menuju pos 2 jalur masih terbilang landai dan juga banyak ditemui pohon tumbang serta hutan rapat. Pada pos 2 ini juga terdapat mata air yang berlimpah sehingga pas sekali untuk jadikan tempat istirahat panjang.

Lanjut menuju pos 3 jalur mulai semakin menanjak dan masih banyak ditemui pohon tumbang menghalangi jalur sehingga dapat dikatakan karakter gunung Tambora ini cukup menantang karena fisik harus mampu melewati banyaknya pohon besar yang tumbang menghalangi jalur. Setelah sampai pada pos 3, disini terdapat mata air yang tidak berlimpah serta lokasinya yang cukup terjal dan jalur yang sempit bersampingan dengan rawa/semak yang cukup dalam sehingga memerlukan kehati hatian. Posisi mata air berada disebelah kanan jalur pendakian (telusuri hingga menemukan jalur menurun) akses menuju mata air tersebut kurang lebih 15 menit dan pada saat itu musim pendakian maka terjadi antrian pada saat pengambilan air.

Menuju pos 4. Jalur masih terlihat jelas dan tanaman jelantang mulai terlihat disisi kiri dan kanan jalur. Hindari bersentuhan langsung dengan tanaman jelantang dengan menggunakan celana panjang serta baju lengan panjang. Setelah sampai pada pos 4, disini merupakan tempat yang baik untuk mendirikan tenda mendapatkan view malam yang indah karena dikelilingi hutan cemara dan malam yang bertabur bintang namun pada pos 4 tidak diketemukan mata air.

Pos 5 tidak begitu jauh jaraknya dengan pos 4 dan memiliki keindahan malam yang serupa dengan pos 4 sehingga sangat nyaman apabila mendirikan tenda di pos 5. Dari pos 5 ini menuju puncak tambora bisa di akses dengan 2 jalur yaitu jalur yang melalui kuburan dan juga jalur melalui bukit penyesalan. Selepas dari pos 5 mata akan dimanjakan dengan bukit bukit indah yang luas.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
JALUR SELEPAS POS 5 PADA SAAT KABUT TURUN
OLYMPUS DIGITAL CAMERA
PEMANDANGAN SEBELUM MENCAPAI PUNCAK KALDERA TAMBORA

Sebelum menuju puncak tambora, jalur akan melalui puncak kaldera tambora dimana akan terlihat hamparan pasir dan kerikil tandus yang mengangumkan bersampingan dengan kawah gunung tambora yang mengagumkan. Dari puncak kaldera tambora menuju puncak tertinggi tambora makan waktu kurang lebih 1 jam tergantung kondisi fisik.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
PUNCAK KALDERA GUNUNG TAMBORA DAN DIBELAKANGNYA ADALAH PUNCAK TERTINGGI  TAMBORA
OLYMPUS DIGITAL CAMERA
MENIKMATI SUNRISE DI PUNCAK KALDERA

DCIM100GOPROGOPR4996.

SAMSUNG CAMERA PICTURES
PUNCAK TERTINGGI TAMBORA

Terima kasih untuk teman-teman yang menyertai dalam setiap langkah pendakian:

  • Ozi (Bekasi)
  • Dio (Malang)
  • Dika (malang)
  • Maringan (Bandung)
  • Ogin (Bekasi)
  • Dewi (Magelang)
  • Yoke (Bekasi)
  • Ikhrar (Jogja)
  • Sadam (Pontianak)
  • Max (Pontianak)
  • Bogar (Lombok)
  • Noted
  • Siapkan logistik pendakian di terminal mandaladika/bertais.
  • Siapkan kebutuhan gas hi-cook dimandaladika di indomart atau alfamart terdekat. Apabila menggunakan bensin masih bisa ditemukan dijalan arah ke desa pancasila.
  • Temukan rumah singgah pada saat turun gunung. Adapun warga setempat yang baik hati bisa menyediakan tempat dan membantu pendaki yaitu Bang Ryan: 082144496797
  • Apabila membawa barang berlebih dapat menitipkan sebagian barang untuk meringankan beban dirumah singgah.
  • Persiapkan dengan matang kebutuhan air yang diperlukan pada saat pendakian.
  • Apabila ingin kedasar kawah tambora (api doro toi) bisa menggunakan jasa porter atau harus sudah membekali diri dengan ketrampilan tali temali untuk keselamatan. Serta informasi yang didapat dari porter setempat mengenaik jarak waktu yang ditempuh untuk turun ke dasar kawah memerlukan waktu 6 jam bahkan bisa lebih tergantung kondisi fisik dan cuaca.
SAMSUNG CAMERA PICTURES
BANG RYAN

AWAN

awan

Senang jalan-jalan atau beraktifitas diluar ruangan? Memang sangat menyenangkan melakukan kedua hal tersebut pada saat cuaca cerah terlebih apabila langit sedang kencang-kencangnya memancarkan warna birunya yang indah.

Yup langit tidak bisa dipisahkan dengan awan. Awan adalah salah satu indikator paling baik yang dapat digunakan untuk memprediksi cuaca. Mau tau cara memprediksi cuaca manakala sedang dan akan melakukan aktifitas diluar ruang? Berikuti ada 10 jenis awan yang perlu dikenali dan diketahui untuk dapat memprediksikan cuaca, namun jika nama-nama awan ini sulit diingat maka ingatlah bahwa semakin tinggi posisi awan dilangit maka semakin baik pula cuaca yang akan terjadi.

  • Awan Stratus

Stratus adalah jenis awan rendah serupa lapisan kabut yang dapat menghasilkan gerimis. Jika awan ini menghiasi langit malam serta menutupi keindahan langit di pagi hari, biasanya beranjak siang mereka akan menghilang dan menghasilkan cuaca yang baik.

awan-stratus

  • Awan Stratocumulus

Stratocumulus merupakan awan yang terlihat seperti lapisan yang menggumpal menutupi langit. Awan jenis ini biasanya menghasilkan hujan ringan. Namun tenang saja, menjelang sore atau menuju senja, awan ini akan segera menghilang.

awan-stratocumulus

  • Awan Nimbostratus

Nimbostratus adalah awan rendah yang menyelimuti langit yang menunjukkan kalau hujan berlangsung selama beberapa jam.

awan-nimbostratus

  • Awan Altostratus

Altostratus adalah awan berupa kerudung yang menggantung di langit menutupi matahari atau bulan. Jika awan jenis ini semakin tebal dan menghitam, bersiaplah karena itu pertanda bahwa hujan sedang dalam perjalanan.

awan-altostratus

  • Awan Cirrostratus

Cirrostratus adalah awan yang terdiri dari partikel es. Biasanya awan ini menutupi matahari dan menghasilkan lingkaran cahaya indah. Jika awan ini menutupi langit, dan membuat langit menjadi gelap, hal itu akan menghasilkan hujan, namun tergantung suhu udara yang ada.

awan-cirrostratus

  • Awan Cirrus

Cirrus merupakan awan tipis nan tinggi di atas langit. Awan ini biasanya terlihat saat cuaca sedang sangat cerah.

awan-cirrus

  • Awan Cumulus

Jenis ini adalah awan yang paling mudah untuk dikenali. Bentuknya berupa gumpalan-gumpalan putih yang serupa kapas. Jika awan cumulus terbentuk secara terpisah-pisa dengan ukuran yang relatif kecil, itu menandakan cuaca baik. Namun jika gumpalannya besar dan warnanya agak gelap, bisa mendatangkan hujan yang sangat lebat.

awan-cumulus

  • Awan Cumulonimbus

Nah, kalau yang ini adalah awan petir. Posisinya bisa sangat rendah menggantung di langit. Jika awan jenis ini muncul, kemungkinan besar akan ada hujan badai disertai angin kencang dan petir.

awan-cumulonimbus

  • Awan Altocumulus

Awan altocumulus adalah awan yang menandakan cuaca sangat cerah. Awan ini biasanya hadir setelah setelah badai.

awan-altocumulus

  • Awan Cirrocumulus

Cirrocumulus adalah awan yang indah serupa riak air di permukaan danau. Mereka merupakan pertanda cuaca yang sangat cerah, dan biasanya akan menghilang ke langit biru yang cerah.

awan-cirrocumulus

Sumber 

me and 2015

tumblr_static_tumblr_static__640

Setengah dari tahun 2015 ini akan menjadi menyenangkan karena akan di isi dengan petualangan panjang bersama para sahabat. Menjelajah ke Indonesia bagian timur tepatnya di pulau sumbawa dan lombok. Mencoba mengeksplore kekayaan alam Indonesia dengan menyinggahi gunung purba tambora serta gunung rinjani. Diharapkan dengan ekpedisi yang nanti akan dimulai pada tanggal 8 April 2015 – 19 April 2015 (2abad meletusnya tambora) dan semua dapat berjalan lancar.

Jujur saja, kali ini saya mempersiapkan banyak hal.. karena bagi saya ini adalah sebuah ekspedisi besar dan panjang sehingga saya mencoba mempersiapkan segalanya sematang mungkin. Mungkin karena ini merupakan perjalanan pertama saya untuk pergi sejauh itu? atau mungkin ini sebagai perjalanan terakhir saya yang paling indah dalam menikmati pesona alam Indonesia? Apapun itu kemungkinannya.. perjalanan akan segera dimulai! Waktunya segera tiba dan saya excited, tidak khawatir mengenai apapun sama sekali!!

Sesuatu yang harus diingat sebelum dan sesudah perjalanan nanti yaitu; bahwa segalanya membutuhkan waktu tapi bertambahnya usia membuat kita kehabisan waktu.. Maknai setiap waktumu dan bebaskan pikiranmu dengan bertanggung jawab.

Balik kembali setelah melakukan ekspedisi, setengahnya tahun sisanya kemudian akan menjadi kerja keras dimana saya akan mencoba beberapa hal baru dalam hidup saya seperti; mencari pekerjaan baru, memulai sebuah usaha, merantau kewilayah lain, belajar hal baru yang bernilai yang akan meningkatkan kemampuan. Semua harus direalisasikan pada tahun. ini 2015. Hidup saya belom selesai di tahun 2015!

Segi tiga perspektif sosial teori gembel

Image

Belajar dalam sebuah penelitian yang pernah saya lakukan dibimbing oleh guru besar politik. Kata ‘mengapa’ merupakan sebuah pertanyaan yang harus dijawab dengan sejelas jelasnya melalui bahasa secara mendetail dalam sebuah karya ilmiah dan tulisan ini sudah jelas bukalah sebuah karya ilmiah.

Dalam kehidupan sosial terutama kehidupan sehari hari sering kali kita dipertemukan oleh fenomena yang mengagumkan. fenomena yang seolah seperti rencana yang maha kuasa yaitu pertemuan dan perpisahan. Dari fenomena saya tangkap tersebut ternyata saya dapat menemukan  dan juga melihatnya sebagai sebuah sisi simetris yang berhadapan seperti bentuk segitiga yang pada akhirnya merujuk pada satu titik temu.

Sebuah pertemuan.
Sebagai mahkluk sosial pastinya kita melihat dan merasakan sebuah pertemuan. Merasakan bagaimana cara berkomunikasi untuk mendapatkan timbal balik yang sesuai bahkan yang diinginkan sekalipun.

Pada awalnya pertemuan hanyalah sebuah perkenalan tidak langsung dimana hubungan ini tidak pernah ada ketertarikan. Bukan karena dibuat buat karena perkenalan tersebut mengalir begitu saja karena didukung lingkungan yang ada disekitar dengan banyak kemungkinan untuk memahami arti pertemuan tersebut.

Saya mencoba memisahkan kemungkinan tersebut dalam sebuah emoticon; smile & flat.

Smile merupakan bagian dari sebuah pertemuan yang mampu memberikan kenyamanan dalam menjalin hubungan komunikasi awal dan sering kita warnai dengan senyum diwajah dalam melakukan percakapan. Berangkat dari sebuah pertemuan tersebut akan ada kemungkinan dalam membangun hubungan lebih dekat lagi. Sedangkan flat adalah sebuah pertemuan dengan segala keterbatasan dalam pencaharian informasi sehingga seringkali dimaknai dengan ucapan terima kasih yang tulus tanpa berharap mendapat timbal balik. Pertemuan flat ini dapat membangun hubungan baik dengan kedalam yang sangat minim bahkan komunikasi akan berakhir seketika.

Selanjutnya saya akan coba memisahkan sebuah perpisahan dalam sebuah intensitas warna yakni gelap dan terang. Perpisahan gelap memiliki kecenderungan berakhir dengan airmata haru yang mampu mengenggelamkan seseorang dalam lautan kekecewaan dan masa lalu yang teramat dalam. Perpisahan terang memiliki kecenderungan dengan hadirnya sebuah garis lengkungan senyum yang hangat penuh sabar dan ikhlas walaupun takala sebelumnya disertai dengan tetesan airmata.

Dalam tulisan ini pertemuan dan perpisahan adalah sebagai bidang datar yang bersebelahan dan pada bagian atasnya menyatu dalam sebuah titik temu. Sebuah titik temu yang perlu diketemukan dalam titik 0, dimana kondisi kejiwaan dan emosi yang stabil, tenang mampu berfikir secara jernih dan mampu menerima segala kemungkinan yang mungkin saja dapat terjadi sehingga titik tersebut menjadi titik balik dalam sebuah siklus yang mengharuskan kita untuk belajar dari apa yang telah kita lakukan pada saat itu.

Belajar memahami arti dari setiap pertemuan dan perpisahan yang telah dilewati. Belajar menterjemahkan setiap makna dan sandi kedalam sebuah energi yang positif untuk selanjutnya menjadi seseorang yang lebih baik lagi.

Berangkat dari sebuah kalimat tanya yang diawali kata “mengapa” ini memang tidak bisa dijelaskan dengan mudah oleh bahasa yang kita miliki tetapi Ini adalah cara bagaimana menjawab sebuah pertanyaan “mengapa” tersebut dalam sebuah arti bagi diri sendiri tanpa menggunakan bahasa dan menempatkan pada satu ruang kebijaksanaan yang seimbang.

 

THE GREAT & LEGENDARY ORIGIN of VAMPIRES

Image

Salah satu sejarah “Vampires Origin” (asal mulanya kemunculan vampire) berasal sejak masa sebelum waktu tercipta, suatu masa dalam legenda Surga. Menurut legenda Surga, mahluk yg kita kenal sebagai para Vampire adalah turunan dari 3 malaikat – Moloch, Ba’al & Belial. Mereka membangkang kerajaan Tuhan & terepas dari karunia-Nya. Sejumlah malaikat dipimpin Archangel Michael dikirim untuk memerangi mereka Pertempuran dengan 3 pembangkang tersebut berlangsung 3 hari di Surga, dimenangkan oleh para malaikat pimpinan Archangel Michael. Moloch, Ba’al & Belial berhasil dimusnahkan, tubuh mereka dibakar & dibuang ke Bumi. Ketiga malaikat yg jatuh (The Fallen Ones) ini seharusnya terlupakan & berlalu dari sejarah, namun manusia dg suku2nya yang mengembara menemukan abu mrk, Abu “The Fallen Ones” tersebut mulai disembah beberapa manusia, sehingga mampu membangkitkan mereka kembali, Dengan rasa haus darah yg luar biasa. Mereka meminum darah manusia. hingga pulih lalu mencari cara utk membalas dendam ke Surga, tetap dengan hasrat terhadap darah yang teramat dalam. Karena darah telah menjaga kondisi kekuatan mereka, ketiganya memutuskan berpisah untuk menyebarkan kutukan haus darah ke seluruh dunia.

Sebelum mereka bertiga berpisah, diciptakanlah aturan “Rule of the Three” dimana mereka bertiga boleh menciptakan “Chosen Ones” sebagai vampire turunan, yang ditransformasikan untuk mengkonsumsi darah manusia. Pada saatnya, tiap “Chosen Ones” ini juga boleh menciptakan 3 turunannya lagi, Aturan ini utk memastikan agar jumlah Vampire tidak berlebihan, menjaga persediaan darah manusia, agar tidak perlu meminum darah binatang.

THE INFAMOUS THREE:

BA’AL “The Deceiver”
Pengecoh, menyusup dalam hati & pikiran, menaklukan lalu mengendalikan manusia agar melayani kebutuhannya, Garis darah Ba’al memiliki sifat pengecoh, kaumnya adalah mahluk yg terkonsumsi keserakahan, sedikit yg dapat menghentikan mereka
saat niatnya telah bulat. Ba’al tidak pernah puas terhadap kekuatan, bukan kaum yang menarik, tapi mereka memiliki pesona & akal yg luar biasa, Kaum Ba’al hampir tdk tpengaruh oleh emosi manusiawi, namun hasrat mrk untuk mempertaruhkan segalanya akan naik saat cemas/marah. Ba’al adalah kaum yg angkuh, senang menyombong, kelemahan tersebut yg dapat dimanfaatkan. Wujud mereka menyerupai “Goblin”

Ba’al TIMELINE
C.3300 BC – Kaum Ba’al terpaksa untuk imigrasi ke bagian barat & asia tengah.
C.1500 BC – Berlayar dengan para pedagang Phoenician, pengaruh Ba’al menyebar ke pulau2 laut mediteranian dan spanyol.
221 BC – Dibawah pengaruh Ba’al, Emperor Qin Shi Huang menyatukan Cina, dan menghancurkan pengaruh Moloch Yen Lo Wang.
247 BC – Dibawah pengaruh Ba’al, Jendral Hamilcar Barca mengambil kekuasaan pasukan Carthaginian dlm peperangan melawan Roma.
AD 70-100 – Kecewa dengan ajaran pasifis Yesus, Ba’al memimpin pembantaian umat kristen di timur tengah dan eropa selatan.
AD 400-500 – Setelah kekuasaan Roma runtuh, pengaruh Ba’al menyebar ke pojok2 eropa, dan mulai menjadi kekuatan2 kecil.
1066 – William dari Normandy, menyerang Inggris dan mengambil alih kekuasaan, Ba’al mulai kekuasaan baru di Norman court.
1370-1405 – Dibawah pengaruh Ba’al, Timur “The Warrior King” membangun kerajaan yg menguasai Asia tengah dan India utara.
1533 – Dibawah pengaruh Ba’al, Pemimpin Spanyol – Pizarro, menghancurkan peradaban Inca.
1571 – Pada saat kekuasaan Ivan IV “The Terrible” Ba’al berhasil mendapatkan kekuasaan rusia dgn cara menikahi adik perempuannya Boris Godunov, yg akhirnya menjadi satu2nya penerus Ivan.
1600 – Pada pertempuran Sekigahara, Ba’al akhirnya berhasil menguasai Jepang, lalu memulai kekuasaannya selama ratusan tahun dgn membangun “The Shogunate”

MOLOCH “The Destroyer”
Penghancur, menyatakan peperangan atas umat manusia, membunuh tanpa alasan, kecuali mungkin untuk kesenangan. Iblis dari garis darah Moloch cepat marah /emosional, dengan kekuatan fisik sebagai senjata andalan, kurang peduli akan penampilan & kebersihan, Kaum Moloch membantai sebagai persembahan untuk leluhur, biasanya berwujud monster binatang humanoid yang selalu haus akan pertempuran.

Moloch TIMELINE
C.3300 BC – Pharaoh pertama dari Mesir, mempelajari legenda dan mitos terlalu serius. Lalu memerintahkan pembantaian keturuan Moloch, dan mengusir kaumnya dari Mesir.
C.1800 BC – Dibawah pengaruh Moloch, Raja Hammurabi menguasai Pusat Babylon, dan memaksa kaum Belial pergi dari situ.
1122 BC – Dibawah pengaruh Moloch Sang Penguasa, Wu Wang memimpin Pasukan Chou untuk merebut An-Yang di Cina Utara.
480 BC – Dibawah pengaruh Moloch, Raja Xerxes I mengirim pasukannya untuk menyerang Yunani. Mereka dihalau oleh pasukan Spartan di Thermopylae lalu dihabiskan oleh vampire dari turunannya yg haus akan kekuasan dan kekuatan.
44 BC – Setelah Julius Caesar meninggal, Moloch Sextus Pompeius, keturunan dari Caesar, musuh lamanya Pompey, memimpin pasukan pemberontak di pulau sicily.
AD 378 – Pemimpin perang Gothic dan Moloch Fritigern mengalahkan pasukan Roma di Adrianople dan membunuh Emperor Valens. Kekalahannya ini menandakan awal keruntuhan kejayaan Roma.
C.AD 600 – Nabi Muhammad SAW, pemimpin umat Islam, membersihkan semenanjung Arab dari pengaruh Moloch.
AD 793 – Bangsa Viking mendarat di pantai Inggris, menghancurkan biara di Lindisfarne. Dibawah pengaruh Moloch, Lalu mereka mulai menterror pantai eropa utara untuk ratusan tahun kedepan.
1147 – Perang Salib kedua dimulai, didukung oleh Ksatria Templar, Moloch menyamar/berpura2 menjalankan perintah/ajaran kristen.
1270 – Moloch menguasai sebagian besar Cina, ketika Gengis Khan/Mongol memperluas kekuasaannya.
1467 – 1603 – Moloch menghasut konflik di jepang pada periode Sengoku, pada jamannya pergolakan sosial dan peperangan.

BELIAL “The Tortured”
Tersiksa dengan penyesalan atas tindakannya, mengundurkn diri ke bagian terpencil dunia untuk menebus pembangkanganya, Turunan dr garis darah Belial jugua merupakan jiwa2 yg tersiksa, satu2nya kaum yg terbebani akan tindakan mereka, rentan terhadap hasrat2… Siksaan rasa bersalah kaum Belial seringkali membuatnya gila, bingung & sedih. Wujud alami mereka mirip manusia. dengan penampakan tanduk dikepalanya.

Belial TIMELINE
C.3500 BC – Lelah dgn perdebatan/konflik antara keturunannya, Belial meninggalkan Mesir dan pindah ke Babylonia.
C.2700 BC – Gilgamesh, Raja Belial kelima, membangun tembok seputar kota Uruk untuk menjauhkan manusia dari orang2 summerian, yg kebanyakan pengikut Belial.
C.1500 BC – Belial Tuatha De Danann, orang2 Ireland yg berhubungan erat dgn Belial.
753 BC – Dibawah pengaruh Belial… Romulus, mendirikan kota Roma.
C.257 BC – Dibawah pengaruh Belial, Ashoka the Great setelah kalah tempur dgn Kalinga, dia menganut Buddha.
AD 60 – Boudica, dibawah pengaruh Belial memimpin revolusi melawan penguasa Roma di Inggris.
C.1290 – Baba Yaga, karakter dalam mitologi russia, dipercaya berhubungan erat dgn Belial.
1315 – Empire Habsburg dikalahkan oleh Morgarten. Yang terkenal dalam peperangan ini adalah aliansi William Tell dan seorang penganut Belial bernama Werner Stauffacher.
1326-1332 – Wladyslaw I, salah satu pengikut Belial yg dikenal dgn sebutan Elbow-High King, memimpin perlawanan terhadap Ksatria Teutonicnya Moloch, memaksa mereka utk berdamai dgn Bohemia & Polandia.
1520 – Kerajaan Aztec terakhir, Belial Montezuma II, hancur lebuh dan menyerah ke Hernan Cortes.
1646 – Para pengikut Belial dipercaya tinggal diantara penduduk asli Australia dan kepulauan Pasifik, mempelajari seni dan kerajinan tangan lalu hidup dlm pengasingan.

FAMOUS FOLLOWER of the FALLEN:

– Achilles (moloch) – Tewas 1200 BC
– Atilla the Hun (moloch) – Tewas AD 453
– Elizabeth Bathory (belial) – Tewas 1614
– Rasputin (ba’al) – Unknown

(source: Great Book of Vampireology)

Sederhana Tapi Tidak Sesederhana Itu

tumblr_mt6ujlvuGn1svekhio1_500

Ketika semua yang direncanakan telah dijalani kemudian ada sesuatu hal yang terjadi ditengahnya. Semua menjadi sangat rumit. Menentukan sesuatu hal tersebut untuk tetap harus dijalani atau berbalik arah sebelum terlambat. Sebuah proses pengambilan keputusan terjadi dengan banyak pertimbangan sehingga membutuhkan perpanjangan waktu.

Menghabiskan waktu untuk sebuah proses menjadi menyebalkan karena paling tidak adanya niat yang ingin dijalankan bergeser pada porosnnya.

Disini di tempat ini mencoba meniatkan dengan sebuah tindakan untuk menyelesaikan penelitian tesis yang di emban. Dunkin donuts bertempat di kali malang jakarta timur menjadi tempat yang dirasa dapat memberikan suasana baik untuk memulai penelitian atau revisi yang telah lama terhambat.

Saat ini dalam ruangan itu tidak terlalu penuh. Cahaya yang dihasilkan lampu jatuh dengan sempurna menghangatkan ruangan yang suhunya cukup dingin oleh AC. Tempat ini memberikan kenyamanan untuk memulai mengetik namun satu hal membuat niat baik untuk memulai sebuah ketikan terhenti.

Sederhananya ini hanya sebuah mekanisme yang masalahnya ada pada diri sendiri tapi hal tersebut sangat sulit diatasi. Kehilangan kendali, ragu, takut, dan mulai gelisah karena tidak adanya sumber listrik untuk menyuplai aliran listrik pada laptop. Sederhananya adalah mencari dan menanyakan apakah masih ada sumber listrik yang tersedia tapi ini terlihat sulit dilakukan karena adanya diri yang terlalu tertutup sehingga enggan membuka sebuah komunikasi untuk keperluan hal tersebut. Damn its true!!!

Alhasil hanya sebuah uneg uneg yang dilepaskan dalam sebuah ketikan. Melalui device kecil terhubung dengan internet semua tertuang. Bukan sia sia. Ini merupakan proses atau latihan menulis tapi lepas dari proses tersebut waktu yang terbuang sangatlah disayangkan. Walaupun hanya 1 jam.

Janji Mahasiswa

Image

Pernah berfikir tentang semua ini gampang? Ya itulah yang selalu ada dipikiran gw sampai saat ini. Memiliki dualisme dalam hidup seperti memiliki tantangan tapi jika selalu mengampangkan maka itu bakalan jadi masalah. Masalahnya adalah penelitian yang sedang gw lakukan untuk menyelesaikan pendidikan sudah terlalu lama dan sering kali diabaikan hingga rasanya penelitian itu bukan prioritas dan bukan bagian dari tanggung jawab.

Sementara waktu yang terus berjalan dari hari kehari, minggu ke minggu, hingga bulan kebulan gw belum meranjak dari bab 1. Penelitian dan pekerjaan yg dijalankan berbarenga itu sangat menguras tenaga dan pikiran walau sesungguhnya tidak selalu begitu namun yang dirasakan ya selayaknya seperti itu. Menyebalkan memang dapat menyadari hal tersebut namun tidak dapat bertindak cepat menanggapinya.

Tapi ingat semua ada masanya. Setelah ini.. Setelah setiap waktu yang terbuang maka pembalasan atas kerugian waktu dan tenaga akan terbalaskan dengan pembantaian hingga titik darah penghabisan dan tidak akan pernah ada kedamaian!

IDEAL (Sudah?)

Image

Ideal secara umum merupakan suatu hal yang bersinggungan dengan kenyamanan suatu individu yang dianggap lazim dan memiliki kecocokan dengan apa yang di inginkan sedangkan idealis merupakan satu pandangan yang berbeda dan tak dapat digeneralisasikan dengan pandangan umum yang cenderung sempit.

Seseorang menyatakan ideal karena apa yang diinginkan merupakan suatu yang pas, nyaman, dan ideal menurutnya sedangkan idealis memiliki makna lebih dalam dari pada itu. Idealis merupakan seperti pemikiran yang bertolak belakang yang dapat melihat suatu hal yang bertolak belakang dari hal dipandang secara umum.

Ideal nya banyak sosialis yang membantu sesama karena mereka berfikiran bahwa sesama manusia yang merupakan mahkluk sosial harus saling membantu dan menolong sehingga yang banyak terjadi di Indonesia adalah sosialis palsu yang hanya membantu dengan sepenuh hati tanpa berfikir global alias tersisipi oleh dorongan kemanusiawian yang menebarkan serbuk kebodohan. Sebuah sistem yang tercipta karena dorongan kemanusiawian. Kemudian menjadi sebuah bualan besar dalam memberikan bantuan baik secara general ataupun selektif.

General

Pemandangan menarik dapat dilihat disetiap lampu merah ibukota. Banyaknya pengemis, gelandangan, orang miskin, dan orang bodoh diluar sana yang terlanjur menjadi demikian karena itu merupakan pilihan atas jalan hidupnya sendiri yang tak mampu bersaing dalam kerasnya kehidupan. Banyak alasan dan cerita bagaimana mereka gagal merancang kehidupan yang baik itu bukan sebuah topik yang menarik untuk dibahas disini karena mereka disana tetap memiliki kelayakan hidup berdampingan, layak berkompetisi, layak mendapatkan bantuan sesama manusia lain tanpa diskriminasi dan cemooh. Mereka semua memiliki hak untuk memilih yang sama besarnya dalam membangun kehidupan yang lebih baik namun nasib yang sering kali membedakan seberapa besar kesempatan dan peluang mereka.

*Ideal nya sosialis memberikan bantuan untuk meraka berdasarkan empati hati kemanusiaan tanpa lebih kritis, bekerja dan berfikir keras dalam memberikan bantuan yang pada akhirnya menebar serbuk kebodohan dimana mereka pengembara yang gagal dalam hidupnya bergantung kepada kemujuran ataupun empati hati kemanusiaan dari sesamanya.

Selektif

Prestasi dan kemampuan otak dalam berfikir yang tidak sama antar manusia merupakan hal yang harus disepakati bersama bahwa itu benar dan tidak dapat dipungkiri. Dalam pemikiran manusia secara rasional kesetaraan antar sesama sudah seharusnya tetaplah sama, sama memiliki hak dan sama kelayakan hidup berdampingan dengan manusia yang lain. Lain hal dengan kemalangan yang datang karena kemalangan dalam hidup setiap manusia juga bervariasi dan semua manusia dibumi mengalamai hal tersebut dengan tingkatan yang berbeda dan itu juga bukan topik menarik dalam tulisan ini.

*Ideal nya sosialis memiliki kecendrungannya menilai prestasi dan kemampuan otak yang cerdas dibawah kemalangan nasib sering kali menjadi sebuah tolak ukur datangnya kesempatan/peluang dari uluran tangan dewa dewa sosialis.

Sebuah sistem tertata tanpa disadari menyimpang dari kesetaraan antar manusia, sebuah garis imajiner terbentuk membelah konsep kesetaraan antar manusia menjadi jurang pembodohan masal dalam dogma sosialis ditengah sikap latah dan tren dari industri komersialisme atau pun kepentingan kepentingan manusia lain terutama di negri Indonesia ini. Fenomena tertangkap melalui pemikiran idealis bukan sekedar ideal.

Berteriaklah suara idealis negri Indonesia ini bukan untuk mereka tapi untuk kita!

Remaja Dan Identitas

Image

Norma norma sosial dan budaya membentuk masa remaja kedalam tahapan pengembangan identitas non biologis. Pertumbuhan seorang anak ke tahap remaja dimulai pada saat mengalami krisis perkembangan identitas yang dilalui sendiri baik dalam konflik ataupun gejolak hasrat peralihan dari masa puberitas dan hal ini memiliki potensi tidak sehat dalam arti penurunan kualitas mental yang memiliki efek pajang negatif apabila hal ini tidak disadari dan diperbaiki terutama dalam sisi kognitif pada tahap berikutnya.  Percaya atau tidak beberapa remaja pada umumnya mengalami satu kebuntuan dalam berfikir mengenai masa depannya. Tanpa sadar remaja memiliki ketakutan akan masa depannya sendiri dan binggung untuk melanjutkan perjalanan panjangnya dan ini biasa terjadi pada usia 24-26 tahun.

Erikson mengungkapkan 3 unsur yang terlibat dalam pembentukan identitas. 1). Orang muda harus memahami diri mereka sebagai memiliki kesamaan dalam dan kesinambungan dari waktu ke waktu. 2). Orang lain yang signifikan juga harus melihat suatu kesamaan. 3). Kesinambungan dalam pribadi dan akhirnya mereka harus memiliki keyakinan yang masih harus di bayar dalam korespondesi diantara garis internal dan ekternal kontinuitas. Dari apa yang diungkapakan Erikson pembentukan identitas pada remaja mengacu pada bagaimana pola hidup dan sistem ajar yang dialami dari kecil tanpa sadar membentuk satu sistem baru yang kemudian akan timbul satu titik balik yang mempertanyakan ulang sistem tersebut yang telah dijalani sebagai suatu seharusnya atau tidak?

Krisis identitas atau kebingungan peran paling sering ditandai oleh ketidakmampuan untuk memilih karir, mengejar pendidikan lebih lanjut, atau menentukan kemana arah yang ingin dituju untuk kehidupannya sendiri.

AFK!

Sekalipun disana ada ruang dansa yang begitu megah beratapkan awan dan bercahayakan sinar mentari!

Sekalipun ada seorang yang mampu menari serta memeluk resah diri sendiri penuh cipta hingga musik berhenti!

Sekalipun terdengar suara yang melantun indah ditengah padang pasir yg sepi demi menyirami bumi!

Sekalipun kau memeras lidahmu memanjatkan doa, bersimpuh, berdarah, hingga memucat dan mati!

Sekalipun.. itu..

Sentimen Yang Lewat

Berkelumit tentang waktu dari masa kemasa yang terlewat dengan berbagai masalah yang terselesaikan ataupun mangkrak.

Mungkin kita akan berjumpa kembali dalam hitungan waktu atau lintas multidimensional yang acak.

Mendadak ingatanku tersengat, pada ribuan hari dimana hanya ada kekaguman atas segala rasa yang terbalut satir.

Pelangi dikala itu melantunkan syair dan kemudian merobek jantung harapan hingga fajar tak pernah menyingsing.

Entah jadi siapa aku pada saatnya nanti..

Tapi akan selalu ada cara menikmatimu..